strategi dan skills untuk mengkomunikasikan perubahan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Lingkungan organisasi  selalu  mengalami perubahan,  baik perubahan  yang drastis maupun  perubahan  yang berlangsung  perlahan secara  terus menerus.  Dalam  lingkungan  bisnis yang  dinamis  dan  serba cepat  tersebut,  keputusan  untuk  melakukan perubahan bukan  lagi menjadi pilihan  yang  dapat dihindari  organisasi.  Perubahan  dilakukan supaya organisasi dapat bertahan  dan  terus  berkembang, oleh  karena  itu organisasi  dan  seluruh  individu  yang  terlibat  di dalamnya  harus dapat menyesuaikan  diri dan menanggapi  secara  positif  perubahan tersebut.                                                                                                                                              Upaya  organisasi  untuk  menanggapi perubahan  lingkungan membutuhkan penyesuaian dan perubahan  dalam organisasi.  Organisasi menyadari bahwa mengelola perubahan merupakan  suatu  hal  yang  rumit dan  tidak  mudah.  Banyak  dan begitu  panjang  tahapan-tahapan  yang harus  dilalui  untuk  sampai  pada  perubahan  dengan  hasil yang  baik  bagi semua anggota organisasi.  Ketika  suatu  organisasi  memutuskan  untuk membuat perubahan  maka serangkaian  proses  menuju perubahan  harus dijalani  seluruh  anggota  organisasi.  Saat proses  perubahan itu  terjadi anggota  organisasi  sering  menganggap bahwa  proses  perubahan membawa  kepada situasi  yang  kurang  menyenangkan, situasi  yang biasa terjadi  ketika  seseorang  diminta  untuk  berpindah  dari  tempat  lama menuju  ke  tempat  baru.                            Setiap proses  yang berjalan  pada  saat  perubahan  mulai  dilakukan biasanya  akan memunculkan  konflik,  konflik  tersebut  dapat bersifat positif  dan  negatif.  Konflik  akan  menuju ke arah  negatif  jika  tidak  ada komunikasi  yang  baik  antara pihak  manajemen dengan  anggota organisasi,  tetapi  akan  terjadi  sebaliknya apabila  terjadi  komunikasi  yang baik.  Komunikasi yang  baik antara anggota  organisasi merupakan aspek penting  dalam mendukung  perubahan  di dalam  organisasi.  Dengan komunikasi  yang  baik  maka pihak-pihak  yang terlibat  dalam  perubahan dapat  menerima  perubahan  dan memahami bahwa  perubahan  memang perlu  dilakukan  untuk kebaikan  organisasi.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah bagaimana strategi dan skills untuk mengkomunikasikan perubahan?
1.3  Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dan skill untuk mengkomunikasikan perubahan
















BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Manajemen Perubahan
2.1.1        Pengertian
Manajemen perubahan adalah suatu proses secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana, dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses tersebut (Potts dan LaMarsh, 2004:16).

2.1.2        Mitos Manajemen Perubahan
Mitos manajemen perubahan dikemukakan Potts dan LaMarsh adalah sebagai berikut:
a.       Orang akan selalu menerima perubahan.
b.      Manajer tahu bagaimana mengelola perubahan.
c.       Perubahan pasti terjadi, tidak harus dikelola.

2.1.3        Pentingnya Manajemen Perubahan
Perubahan merupakan suatu fenomena yang pernah terjadi dalam kehidupan organisasi, meskipun banyak yang berpendapat bahwa kecepatan dan besaran perubahan telah meningkat secara signifikan beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu, kita melihat bahwa dalam waktu yang relatif pendek, kebanyakan orgaisasi dan pekerjanya telah menglamai perubahan secara subtansial tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya (Burnes, 200:250).

2.2  Komunikasi
2.2.1        Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi Secara Umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Pengertian Komunikasi menurut definisi James A.F.Stoner adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Sedangkan menurut definisi Prof. Drs. H.A.W. Widjaya yang mengatakan bahwa pengertian komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Menurut definisi William F.Glueck yang menjelaskan bahwa komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk. yaitu sebagai berikut....
  • Interpersonal Communications : Interpersonal communications (komunikasi antarpribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia. 
  • Organization Communications : Organization communications adalah proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang ada hubungan. 
2.2.2        Tujuan Komunikasi
Secara umum, tujuan komunikasi adalah sebagai berikut:
  • Supaya yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikan. Agar dapat dimengerti oleh komunikan maka komunikator perlu menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin. 
  • Agar dapat memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain. 
  • Agar pendapat kita diterima orang lain. Komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara agar gagasan kita diterima oleh orang lain. 
  • Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Komunikasi dan pendekatan persuasif kita mampu membangun persamaan presepsi dengan orang kemudian menggerakkannya sesuai keinginan kita. 
Sedangkan tujuan komunikasi menurut Image adalah sebagai berikut:
ü  Director, yaitu memastikan orang memahami apa yang akan terjafi dan apa yang diharapkan dari mereka Strategi komunikasi memastikan bahwa tidak ada pesan yang berlebihan atau pesan yang terdistorsi
ü  Navigator, yaitu Mirip dengan director, tetapi memberi perhatian untuk mengidentifikasi kepentingan-kepentingan lain yang mungkin mengganggu perubahan. Teknik “tell and sell" dipakai untuk mencoba mengajak orang menuju perubahan
ü  Caretaker, yaitu Fokus pada membiarkan orang mengetahui tentang "mengapa" berubah, yakni keniscayaan perubahan dan bagaimana cara terbaik untuk bertahan dalam perubahan tersebut. Teknik komunikasi yang biasa dipakai: “identify and reply" (reaktif)
ü  Coach, yaitu  Fokus untuk memastikan orang-orang memiliki nilai yang sama (shared values) dan menyadari tindakan apa yang tepat untuk nilai-nilai tersebut. Fokus mendapatkan “buy-in” untuk perubahan melalui nilai bersama dan penggunakan "emosi positif". Interaksi “underscore and explore" dipakai untuk menyampaikan perubahan
ü  Interpreter, yaitu Interpreter memberikan kepada staf perasaan "apa yang terjadi" melalui cerita, metafora, dan sebagainya. Mereka mengakui bahwa tidak semua akan setuju dengan kisah perubahan, tetapi setidaknya sebagian besar akan setuju. Biasanya menggunaan media komunikasi yang sempurna (rich)
ü  Nurturer, yaitu Memperkuat pandangan bahwa proses tidak dapat diprediksi dan seringkali hasilnya akan inovatif dan kreatif bagi organisasi, meskipun hanya sedikit orang yang bisa mengantisipasinya

2.2.3        Fungsi Komunikasi
Dalam manfaat dan dampak yang ditimbulkan komunikasi memiliki fungsi-fungsi yang sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Secara umum, fungsi komunikasi adalah sebagai berikut:
  • Sebagai Kendali : Fungsi komunikasi sebagai kendali memiliki arti bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi. 
  • Sebagai Motivasi : Komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal-hal dalam kehidupan kita. 
  • Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya. 
  • Sebagai Informasi : Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif. 
2.2.4        Komponen Komunikasi

Dalam berkomunikasi diperlukan syarat-syarat tertentu dalam penggunaannya. Syarat-syarat komunikasi adalah sebagai berikut:
  • Source (sumber) : Source adalah dasar dalam penyampaian pesan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi adalah orang, lembaga, buku dan lain-lain. 
  • Komunikator : komunikator adalah pelaku penyampain pesan yang berupa individu yang sedang berbicara atau penulis, dapat juga berupa kelompok orang, organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, dan sebagainya. 
  •  Pesan : pesan adalah keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah sikap dan tingkah laku orang lain. 
  • Saluran (channel) : Saluran adalah komunikator yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Saluran komunkasi berupa saluran formal (resmi) dan saluran informal (tidak resmi). Saluran formal adalah saluran yang mengikuti garis wewenang dari suatu organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dan bawahannya, sedangkan saluran informal adalah saluran yang berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin. 
  • Komunikan : komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi yang berupa individu, kelompok dan massa
  • Effect (hasil) : effect adalah hasil akhir dari suatu komunikasi dengan bentuk terjadinya perubahan sikap dan perilaku komunikan. Perubahan itu bisa sesuai keinginan atau tidak sesuai dengan keinginan komunikator. 

2.2.5        Model Proses Komunikasi (Nelson and Coxhead, 1997)
Komponen komunikasi
1.      Pesan: verbal dan nonverbal
2.      Feedback: respon pesan sehingga pengirim tahu apakah maksud pesannya sudah diterima
3.      Channel: media pengiriman
4.      Pengirim/penerima
5.      Encoding/decoding: pembuatan, tranformasi, dan dechiper pesan
6.      Noise: gangguan yang mungkin mempengaruhi pengiriman makna pesan


Permasalahan yang muncul:
ü  Overload pesan
ü  Distorsi pesan, dan
ü  Ambiguitas pesan

Proses komunikasi dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya, Pengaruh Bahasa, Kuasa, Gender, dan Emosi
ü  Bahasa mencerminkan dan menguatkan hubungan sosial dan jabatan
ü  Perbedaan gender juga berpengaruh, contohnya:
o   Getting credit
o   Confidence and boasting
o   Asking questions

Hal lain yang mempengaruhi:
·         Bagaimana feedback diberikan dan diterima
·         Bagaimana pujian (compliments) diberikan
·         Apakah komunikasi dilakukan langsung atau tidak

ü  Emosi memiliki andil merusak proses komunikasi. Seseorang mungkin merasa bahwa perubahan organisasi dapat merugikan mereka secara personal (merasa terancam oleh situasi perubahan). Untuk mengatasi situasi emosional, manajer dapat menggunakan teknik-teknik, seperti:
o   Melihat perspektif orang lain
o   Perilaku mengurangi ancaman
o   Refleksi

2.3  Strategi Komunikasi
2.3.1        Beyond Spray And Pray

ü  Spray and pray: pegawai diberi informasi seluas-luasnya dengan asumsi banyak informasi semakin bagus.
ü  Tell and sell: informasi yang diberikan terbatas pada isu-isu penting.
ü  Underscore and explore: isu dasar tetap fokus, tetapi manajemen melibatkan pegawai dalam dialog tentang perubahan
ü  Identify and reply: strategi defensif, manajemen mengidentifikasi dan merespon rumor yang berkembang
ü  Withhold and uphold: informasi ditahan sampai benar-benar diperlukan

2.4  Strategi untuk Mengkomunikasikan Perubahan

1.      Jelaskan bagaimana cara merubah organisasi dari yang lama ke yang baru, Apa itu? Bagaimana ini bisa mempengaruhi saya?
2.      Mendiskusikan bagaimana perlunya perubahan, seperti suatu konteks yang menjadi dasar perlunya suatu perubahan, kenapa status yang lama tidak bisa dilanjutkan.
3.      Membangun Kasus Bisnis untuk perubahan , seperti menjelaskan bagaimana masa depan yang ingin dicapai, menguraikan manfaat untuk organisasi, menjelaskan perkerjaan pada masing-masing unit serta pada individu-individu tertentu
4.      Menentukan rencana untuk Perubahan, seperti apa peran, harapan, tanggungjawab, hubungan, skills dan ukuran kinerja yang baru? Bagaimana organisasi bisa mendukung mereka untuk beradaptasi dan mencapai perubahan tersebut.

2.5  Peran Komunikasi dalam Perubahan
Perubahan apapun bentuknya hampir dapat dipastikan membuat individu datau anggota organisasi merasa tidak nyaman. Hal ini karena perubahan membawa ketidakpastian masa depan bagi anggota organisasi, karena esensi dari perubahan adalah bergerak dari suatu kondisi yang nyaman ke kondisi yang tidak pasti. Ketika perubahan terjadi maka muncul communication gap apabila karyawan tidak dapat dengan mudah menerima perubahan tersebut. Gap ini merupakan suatu hasil dari perbedaan sudut pandang, dimana perja tidak sepenuhnya mengerti mengenai visi, misi, nilai dan objektif yang diinginkan oleh pihak manajemen, sebaliknya pihak manajemen juga tidak mengerti apa yang dipikirkan dan diinginkan pleh pekerja.
Dalam proses transisi, ada suatu bagian yang disebut sebagai arena hitam, yaitu arena yang membawa ketidak jelasan arah bagi anggota organisasi. Ketidakjelasan dalam pandangan mereka (karyawan) dapat mengakibatkan munculnya beragam reaksi sebagai upaya melindungi diri dari berbagai konsekuensi negative yang mungkin diterima oleh mereka. Pada kondisi ini, komunikasi diyakini menjadi bagian penting untuk memperlancar proses perubahan di dalam organisasi. Melalui komunikasi, berbagai informasi yang berhubungan dengan perubahan disebarkan pada seluruh anggota organisasi. Tujuan utamanya adalah untuk membuat area hitam berubah menjadi area putih yang membawa kejelasan bagi seluruh anggota organisasi.
Komunikasi oleh beberapa ahli strategi diyakini sebagai kunci keberhasilan bagi program perubahan. Menurut mereka, komunikasi yang efektif mengenai perubahan dapat mengurangi spekulasi dan menghilangkan kecemasan, pendapat lain mengatakan bahwa komunikasi yang disampaikan melalui pendekatan pendidikan perlu dilakukan apabila terdapat kekurangan dalam analisis dan informasi atau kertidak akuratan informasi.
2.6  Tiga Komponen Penting Komunikasi dalam Perubahan
Terdapat tiga komponen penting komunikasi yaitu, komponen sikap (Attitudes) terhadap respon (outcomes). Komponen sikap yang terdiri dari afektif (affection), kognitif (cognition) dan perilaku (behavior) akan mempengaruhi outcomes seseorang dalam menghadapi suatu hal atau objek. Komponen afektif akan mempengaruhi emosi seseorang yang berkaitan dengan perasaan suka dan tidak suka. Komponen kognitif berpengaruh pada perceptual seseorang yang berkaitan dengan keyakinannya. Sedangkan komponen perilaku akan berpengaruh pada tindakannya (action) yang akan menentukan apakah seseorang akan melakukan suatu tindakan atau tidak didasarkan pada perasaan dan keyakinannya.
Penjelakan tentang hubungan kompnen sikap terhadap respon ditunjukkan pada gambar berikut.
Hubungan komponen sikap dengan respon yang muncul dari seorang individu dapat melandasi adanya komponen penting dalam komunikasi di masa perubahan. Tujuan dasar strategi komunikasi dalam masa perubahan adalah untuk mengajak anggota organisasi berpartisipasi dalam upaya perubahan. Supaya respon anggota organisasi yang berupa tindakan muncul, maka apa yang terkandung dalam komunikasi setidaknya harus dapat menyentuh ketiga komponen sikap seseorang. Jika respon yang diharapkan muncul adalah tindakan positif untuk mendukung program perubahan, maka aspek afektif, kognitif, dan perilaku harus distimuli secara positif.
2.7   Contoh  Kasus  peran  Komunikasi  sebagai  Pendukung  Perubahan
Contoh berikut  diambil dari  kasus  yang  disampaikan  W. Chan  Kim dan  Renee  Mauborgne  dalam  buku  B/ue Ocean Strategy (2005).  Kasus berikut  membahas  pengalaman  sebuah pabrik  sistem  elevator  yang disebut Elco  pada  tahun  1980-an  saat penjualan  menurun.
Penurunan  permintaan  domestik membuat  Elco bertekad memberikan  lompatan  nilai  kepada  pembeli  dengan  menurunkan  biaya demi  merangsang  permintaan  baru  dan  menjauh  dari  kompetisi. Perusahaan  menyadari  perlu  adanya  perubahan  dengan  mengganti sistim  pabrikan-tumpukan  (batch-manufacturing  system) melalui pendekatan  seluler  yang  memungkinkan tim  mandiri  meraih  kinerja prima.  Tim manajemen di perusahaan  mengadopsi  cara yang  terlihat paling  cepat dan  cerdas  untuk  melangkah  maju.
Tim pertama akan memasang  sistim  baru pada  pabrik  Elco, Chester, dan kemudian  lanjut  ke pabrik  keduanya,  High  Park. Dengan logika  yang  sederhana,  maka rencana strategis  ini  dijalankan.  Pabrik Chester memiliki relasi pegawai  yang  sangat baik, sedemikian  baiknya sehingga para  pekerja  harus  membubarkan  serikat  buruh.  Manajemen yakin bisa  mendapatkan  kerja  sama  dari  pegawai  untuk mengeksekusi perubahan  strategis  dalam  pabrikan.  Kemudian,  Elco akan melanjutkan proses  tersebut  kepada  pabriknya  di  High Park,  di pabrik  ini  memiliki serikat yang  kuat  yang  diperkirakan  akan  menentang perubahan itu. Dalam  kondisi  yang  seperti  ini  manajemen  berharap  bisa mendapatkan persetujuan  dari  Chester  yang  bisa  berfungsi  sebagai  momentum  bagi eksekusi yang lebih  berhasil di  High  Park.
Namun yang  di pabrik  Chester rencana  tersebut  dengan  cepat menghasilkan  kekacauan  dan pembangkangan.  Dalam  beberapa  bulan, baik  biaya maupun  kinerja  kualitas  menurun  drastis.  Pegawai  mulai membicarakan  kemungkinan  menghidupkan  kembali serikat pekerja. Kejadian  sebaliknya  justru  terjadi  pada  pabrik  High  Park, hal  ini  terlepas dari  reputasinya  yang  suka menentang,  menerima perubahan dalam proses  pabrikan. Terdapat  tiga  masalah penting yang tidak  dilakukan pabrik Chester  selama perubahan  terjadi.  Pertama  Elco  mendatangkan konsultan-konsultan  untuk  merancang perubahan  dan mencapai implementasi  yang  cepat  dan  mulus.  Mereka berbisik-bisik  sesama mereka  dan  tidak  melakukan  kontak  apapun  dengan  pegawai  Chester. Sebaliknya  mereka menyelinap  ke luar  pabrik untuk membuat  catatan-catatan.
Pada periode  itu  manajer  pabrik semakin  jarang  datang karena menghadiri  rapat-rapat  dengan  konsultan  yang  sengaja  dilakukan  diluar pabrik.  Pegawai  dalam  kegelisahan  merasa akan  kehilangan pekerjaannya.  Pekerja  beranggapan  manajer  pabrik berusaha menghindari  bawahannya  yang  diartikan mereka bahwa  manajemen berusaha  menyingkirkannya.  Kepercayaan  dan  komitmen di pabrik Chester memudar  dengan cepat.
Sebenarnya manajer  Elco  tidak  berniat  melakukan pemecatan Mereka  menginginkan  mengurangi pemborosan,  sehingga  orang  bisa memproduksi Elevator berkualitas tinggi dengan  cepat  dan  lebih  murah demi memenangkan  kompetisi.  Tetapi  pegawai  pabrik  tidak  mengetahui hal  tersebut.  Para  manajer  lupa  (mengabaikan)  menjelaskan  apa  yang diharapkan  dari  pegawai sehingga yang  muncul adalah  kesalahpahaman yang  sangat  serius.
Sebaliknya  manajer di pabrik High  Park  mengkomunikasikan rencana perubahan  ketika  konsultan  datang  ke pabrik  manajer Memperkenalkan merekaka pada semua pegawai. Manajer juga melibatkan  beberapa  pegawai  dalam  rapat  dan  secara  terbuka membahas  kondisi  bisnis  yang  menurun dan  perlunya  berusaha mengadakan  perubahan  untuk menjauh dari  kompetisi. Meraka mengkomunikasikan  bahwa  sistem  pabrikan  yang baru  merupakan  factor penting  dan menyampaikan  bahwa  perusahaan  tidak  berniat  untuk melakukan  pemecatan. Ketika ukuran kinerja  lama  berubah,  manajer bekerjasama  dengan  pegawai menentukan  ukuran  baru  dan  tanggunglawab baru  bagi  setiap  sel  tim.  Tujuan  dan  harapan dari pegawai  dibuat dengan sangat ielas.  Pegawai  kemudian  bersimpati  kepada manajer mereka  dan  menyampaikan perubahan  adalah  pengalaman  yang  perlu, pantas  dan Positif.
Kesimpulan
Dari  kasus  yang  dipaparkan  diatas  terlihat  bahwa komunikasi  menjadi  bagian  yang penting  yang harus dilakukan  oleh perusahaan  ketika  melakukan  perubahan.  Komunikasi  yang  baik  akan meminimalkan  konflik  yang terjadi  akibat  adanya  perubahan.  Dalam kondisi  ketidakpastian  komunikasi  membantu  pihak  manajemen mensosialisasikan perubahan  dan memberi kesempatan  kepada karyawan  untuk  belajar  dan mengetahui tujuan  dari  perubahan tersebut, sehingga  mereka tidak  serta  merta  menolak ketika  perubahan diusulkan sebagai  kepentingan  organisasi.
Komunikasi yang  paling sering  dianggap  penting  oleh banyak orang dalam rangka  pencapaian  tujuan  organisasi adalah  komunikasi dengan  bentuk  penyebaran  informasi.  Artinya, tujuan  komunikasi  adalah penyebaran  informasi  mengenai  perubahan  sehingga  perubahan  dapat diterima  oleh  anggota  organisasi.  Tidak  sekedar  diterima,  tetapi  mereka juga  dapat memahami  alasan yang  melatarbelakangi dilakukannya program perubahan.
Komunikasi  perlu  dilakukan  untuk membangun  atmosfer  positif dalam  berbagai  area  utama  dalam  perubahan.  Lebih  dari  itu,  komunikasi akan  menjadi  efektif apabila  anggota  organisasi  mau berperilaku  positif dalam masa perubahan.  Perilaku  positif ini  dapat  didorong  oleh adanya komponen  komunikasi  perilaku.  Komponen  ini  ada dalam  diri agen perubahan.  Artinya, perilaku mereka  akan  menjadi  contoh  keteladanan bagi  anggota  organisasi.

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Perubahan apapun bentuknya hampir dapat dipastikan membuat individu datau anggota organisasi merasa tidak nyaman. Hal ini karena perubahan membawa ketidakpastian masa depan bagi anggota organisasi, karena esensi dari perubahan adalah bergerak dari suatu kondisi yang nyaman ke kondisi yang tidak pasti. Melalui komunikasi, berbagai informasi yang berhubungan dengan perubahan disebarkan pada seluruh anggota organisasi. Komunikasi  perlu  dilakukan  untuk membangun  atmosfer  positif dalam  berbagai  area  utama  dalam  perubahan.  Lebih  dari  itu,  komunikasi akan  menjadi  efektif apabila  anggota  organisasi  mau berperilaku  positif dalam masa perubahan. 
3.2  Saran
Berdasarkan isi makalah di atas maka saran penulis adalah:
1.      Kepada mahasiswa diharapkan makalah ini bisa dijadikan salah satu referensi dalam mata kuliah manajemen perubahan
2.      Kepada pembaca diharapkan makalah ini dapat menambah wawasan pembaca bagaimana menanggapi suatu perubahan dalam suatu organisasi







DAFTAR PUSTAKA

Prabawati, Benedicta, 2006, Peran Komunikasi sebagai Pendukung Perubahan Organisasi. Volume 12 nomor 1. Magister Manajemen Universitas Parahyangan.
http://satyodjiwosugiarto.blogspot.co.id/2015/04/strategi-komunikasi-dalam-perubahan.html (diakses tanggal 12 September 2016)
http://e-journal.uajy.ac.id/3241/2/1KOM02733.pdf (diakses tanggal 12 September 2016)
https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_informasi (diakses tanggal 12 September 2016)
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi (diakses tanggal 12 September 2016)
http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-komunikasi-tujuan-fungsi-manfaatnya.html (diakses tanggal 12 September 2016)
http://mgt-sdm.blogspot.co.id/2010/11/manajemen-perubahan-change-management.html (diakses tanggal 12 September 2016)
http://galih-febrianto1.blogspot.co.id/2015/01/komunikasi-perubahan-dan-perkembangan.html (diakses tanggal 12 September 2016)
http://slideplayer.info/slide/3670595/ (diakses tanggal 12 September 2016)

Comments

  1. Kepada seluruh member setia BOLAVITA, jika Anda mengalami kendala saat mengakses situs BOLAVITA, silahkan akses melalui link alternatif kami dengan Link IP : http://159.89.197.59/

    Agen BOLAVITA menyediakan permainan yang sangat lengkap, berikut permainan yang disediakan:
    • Bola Tangkas (Tangkasnet, Tangkas88 dan Tangkas1)
    • Casino Online (WM Casino, Green Dragon dan SBOBET Casino)
    • Sabung Ayam (S128, SV388 dan Kungfu Chicken)
    • Taruhan Bola (SBOBET, MAXBET/ICB Bet dan 368 Bet)
    • Togel Online (KLIK4D dan ISIN4D)
    • Poker Online (POKERVITA)
    • Games Virtual / Slot Games (Joker dan Play1628)

    Bonus yang diberikan Agen BOLAVITA juga sangat banyak dan menguntungkan, baik member baru maupun member setia:
    📍 Bonus Welcome Back Rp 200.000
    📍 Bonus 10% untuk new member (SPORTSBOOK & SABUNG AYAM)
    📍 Bonus 5% Deposit Harian (SPORTSBOOK & SABUNG AYAM)
    📍 Bonus Deposit Harian 10% untuk permainan BOLA TANGKAS
    📍 Bonus Referral 7% + 2%
    📍 Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    📍 Diskon Togel KLIK4D & ISIN4D up to 66%
    📍 Bonus Cashback 5% - 10%
    📍 Bonus Cashback Bola Tangkas 10%
    📍 Bonus Flash Deposit Setiap Jumat 10%
    📍 Bonus Extra BIG MATCH 20%
    📍 Bonus FREECHIPS Promo Lebaran Ketupat

    Daftar, main dan raih kemenangan Anda bersama kami di http://159.89.197.59/

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    LINE : cs_bolavita
    TELEGRAM : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete
  3. KLIK DISINI >>> http://bit.ly/2UgZNuA
    Membagikan pengalaman atau pengetahuan saya mengenai jenis Ayam Bangkok, Ayam Saigon Dan Ayam Lainnya.
    Untuk mempertanyakan persoalan ayam lain nya, bisa bertanya dikontak kami.
    Kami tunggu kedatangan anda di kontak WA : +62812-2222-995

    ReplyDelete

  4. Marhaban ya Ramadhan Gratis freechip untuk 100 member Winning303
    Ayo gabung segera


    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  5. Agen Joker123
    Play1628 Apk
    Vivoslot
    Fafaslot Apk

    Mainkan Taruhan Slot secara online.
    Dengan Slot Online Depo Pulsa yang akan menemani anda dirumah saja.
    Tanpa harus keluar rumah untuk beli sesuatu lagi.
    Yuk kunjungi kontak Whatsapp & Telegram : 0812-2222-995
    https://taruhanslot.me/tag/agen-slot-joker123/

    ReplyDelete
  6. Suka bermain Poker mau deposit via PULSA,atau Via E-MONEY???
    Mari bergabung bersama kami di Donaco Poker
    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662
    CS 24 JAM

    ReplyDelete
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  9. mau penghasilan tambahan?
    anda punya Ovo,pulsa yang tidak terpakai?
    Yukz join bersama kami di winning303
    Dapatkan penghasilan tambahan tanpa batas dengan menggunakan vo & pulsa anda.

    Hubungi Segera:
    WA: 0877 8542 5244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  10. Suka bermain Poker mau deposit via PULSA TANPA POTONGAN?
    Mari bergabung bersama kami di Donaco Poker
    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662
    CS 24 JAM

    ReplyDelete

Post a Comment