BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Lingkungan
organisasi selalu mengalami perubahan, baik perubahan yang drastis maupun perubahan
yang berlangsung perlahan
secara terus menerus. Dalam
lingkungan bisnis yang dinamis
dan serba cepat tersebut,
keputusan untuk melakukan perubahan bukan lagi menjadi pilihan yang
dapat dihindari organisasi. Perubahan
dilakukan supaya organisasi dapat bertahan dan
terus berkembang, oleh karena
itu organisasi dan seluruh
individu yang terlibat
di dalamnya harus dapat
menyesuaikan diri dan menanggapi secara positif
perubahan tersebut. Upaya organisasi
untuk menanggapi perubahan lingkungan membutuhkan penyesuaian dan
perubahan dalam organisasi. Organisasi menyadari bahwa mengelola
perubahan merupakan suatu hal
yang rumit dan tidak
mudah. Banyak dan begitu
panjang tahapan-tahapan yang harus
dilalui untuk sampai
pada perubahan dengan
hasil yang baik bagi semua anggota organisasi. Ketika
suatu organisasi memutuskan
untuk membuat perubahan maka
serangkaian proses menuju perubahan harus dijalani seluruh
anggota organisasi. Saat proses
perubahan itu terjadi
anggota organisasi sering
menganggap bahwa proses perubahan membawa kepada situasi yang kurang menyenangkan, situasi yang biasa terjadi ketika
seseorang diminta untuk
berpindah dari tempat
lama menuju ke tempat
baru. Setiap proses yang berjalan
pada saat perubahan
mulai dilakukan biasanya akan memunculkan konflik,
konflik tersebut dapat bersifat positif dan
negatif. Konflik akan
menuju ke arah negatif jika
tidak ada komunikasi yang
baik antara pihak manajemen dengan anggota organisasi, tetapi
akan terjadi sebaliknya apabila terjadi
komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik antara anggota organisasi merupakan aspek penting dalam mendukung perubahan
di dalam organisasi. Dengan komunikasi yang
baik maka pihak-pihak yang terlibat
dalam perubahan dapat menerima
perubahan dan memahami bahwa perubahan
memang perlu dilakukan untuk kebaikan organisasi.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka
rumusan masalah pada makalah ini adalah bagaimana strategi dan skills untuk
mengkomunikasikan perubahan?
1.3 Tujuan
Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka
tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dan skill
untuk mengkomunikasikan perubahan
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Manajemen
Perubahan
2.1.1
Pengertian
Manajemen perubahan adalah suatu proses
secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana, dan sumber daya yang
diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak
dari proses tersebut (Potts dan LaMarsh, 2004:16).
2.1.2
Mitos Manajemen Perubahan
Mitos manajemen perubahan dikemukakan Potts dan LaMarsh
adalah sebagai berikut:
a. Orang akan selalu
menerima perubahan.
b. Manajer tahu bagaimana
mengelola perubahan.
c. Perubahan pasti
terjadi, tidak harus dikelola.
2.1.3
Pentingnya Manajemen Perubahan
Perubahan merupakan suatu fenomena yang
pernah terjadi dalam kehidupan organisasi, meskipun banyak yang berpendapat
bahwa kecepatan dan besaran perubahan telah meningkat secara signifikan
beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu, kita melihat bahwa dalam waktu
yang relatif pendek, kebanyakan orgaisasi dan pekerjanya telah menglamai
perubahan secara subtansial tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana
mereka melakukannya (Burnes, 200:250).
2.2 Komunikasi
2.2.1
Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi Secara
Umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau
informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami
dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication,
yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki
arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan
atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Pengertian Komunikasi menurut
definisi James A.F.Stoner adalah
proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan
pesan. Sedangkan menurut definisi Prof.
Drs. H.A.W. Widjaya yang mengatakan bahwa pengertian komunikasi adalah
hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Menurut
definisi William F.Glueck yang
menjelaskan bahwa komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk. yaitu
sebagai berikut....
- Interpersonal Communications : Interpersonal communications (komunikasi antarpribadi adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.
- Organization Communications : Organization communications adalah proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang ada hubungan.
Secara umum, tujuan komunikasi
adalah sebagai berikut:
- Supaya yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikan. Agar dapat dimengerti oleh komunikan maka komunikator perlu menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin.
- Agar dapat memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain.
- Agar pendapat kita diterima orang lain. Komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara agar gagasan kita diterima oleh orang lain.
- Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Komunikasi dan pendekatan persuasif kita mampu membangun persamaan presepsi dengan orang kemudian menggerakkannya sesuai keinginan kita.
Sedangkan tujuan komunikasi menurut Image adalah sebagai
berikut:
ü Director, yaitu memastikan orang memahami apa yang akan terjafi dan
apa yang diharapkan dari mereka Strategi komunikasi memastikan
bahwa tidak ada pesan yang berlebihan atau pesan yang terdistorsi
ü Navigator, yaitu Mirip dengan director,
tetapi memberi perhatian untuk mengidentifikasi kepentingan-kepentingan lain
yang mungkin mengganggu perubahan. Teknik “tell and sell" dipakai
untuk mencoba mengajak orang menuju perubahan
ü Caretaker, yaitu Fokus pada membiarkan orang mengetahui tentang
"mengapa" berubah, yakni keniscayaan perubahan dan bagaimana cara
terbaik untuk bertahan dalam perubahan tersebut. Teknik komunikasi yang biasa
dipakai: “identify and reply" (reaktif)
ü Coach, yaitu Fokus untuk memastikan
orang-orang memiliki nilai yang sama (shared values) dan menyadari
tindakan apa yang tepat untuk nilai-nilai tersebut. Fokus mendapatkan “buy-in”
untuk perubahan melalui nilai bersama dan penggunakan "emosi
positif". Interaksi “underscore and explore" dipakai untuk
menyampaikan perubahan
ü Interpreter, yaitu Interpreter
memberikan kepada staf perasaan
"apa yang terjadi" melalui cerita, metafora, dan sebagainya. Mereka
mengakui bahwa tidak semua akan setuju dengan kisah perubahan, tetapi setidaknya
sebagian besar akan setuju. Biasanya menggunaan media komunikasi yang sempurna
(rich)
ü Nurturer, yaitu Memperkuat pandangan
bahwa proses tidak dapat diprediksi dan seringkali hasilnya akan inovatif dan
kreatif bagi organisasi, meskipun hanya sedikit orang yang bisa
mengantisipasinya
Dalam manfaat dan dampak yang ditimbulkan komunikasi
memiliki fungsi-fungsi yang sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Secara umum, fungsi komunikasi adalah
sebagai berikut:
- Sebagai Kendali : Fungsi komunikasi sebagai kendali memiliki arti bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi.
- Sebagai Motivasi : Komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal-hal dalam kehidupan kita.
- Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya.
- Sebagai Informasi : Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif.
2.2.4
Komponen Komunikasi
Dalam berkomunikasi diperlukan
syarat-syarat tertentu dalam penggunaannya. Syarat-syarat komunikasi adalah sebagai berikut:
- Source (sumber) : Source adalah dasar dalam penyampaian pesan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi adalah orang, lembaga, buku dan lain-lain.
- Komunikator : komunikator adalah pelaku penyampain pesan yang berupa individu yang sedang berbicara atau penulis, dapat juga berupa kelompok orang, organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, dan sebagainya.
- Pesan : pesan adalah keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah sikap dan tingkah laku orang lain.
- Saluran (channel) : Saluran adalah komunikator yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Saluran komunkasi berupa saluran formal (resmi) dan saluran informal (tidak resmi). Saluran formal adalah saluran yang mengikuti garis wewenang dari suatu organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dan bawahannya, sedangkan saluran informal adalah saluran yang berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin.
- Komunikan : komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi yang berupa individu, kelompok dan massa
- Effect (hasil) : effect adalah hasil akhir dari suatu komunikasi dengan bentuk terjadinya perubahan sikap dan perilaku komunikan. Perubahan itu bisa sesuai keinginan atau tidak sesuai dengan keinginan komunikator.
2.2.5
Model
Proses Komunikasi (Nelson and Coxhead, 1997)
Komponen komunikasi
1. Pesan:
verbal dan nonverbal
2. Feedback:
respon pesan sehingga pengirim tahu apakah maksud pesannya sudah diterima
3. Channel:
media pengiriman
4. Pengirim/penerima
5. Encoding/decoding:
pembuatan, tranformasi, dan dechiper pesan
6. Noise:
gangguan yang mungkin mempengaruhi pengiriman makna pesan
Permasalahan yang muncul:
ü
Overload pesan
ü
Distorsi pesan, dan
ü
Ambiguitas pesan
Proses
komunikasi dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya, Pengaruh Bahasa, Kuasa,
Gender, dan Emosi
ü Bahasa
mencerminkan dan menguatkan hubungan sosial dan jabatan
ü Perbedaan
gender juga berpengaruh, contohnya:
o
Getting credit
o
Confidence and boasting
o
Asking questions
Hal lain yang
mempengaruhi:
·
Bagaimana feedback diberikan dan diterima
·
Bagaimana pujian (compliments) diberikan
·
Apakah komunikasi dilakukan langsung atau tidak
ü Emosi
memiliki andil merusak proses komunikasi. Seseorang mungkin merasa bahwa
perubahan organisasi dapat merugikan mereka secara personal (merasa terancam
oleh situasi perubahan). Untuk mengatasi situasi emosional, manajer dapat
menggunakan teknik-teknik, seperti:
o
Melihat perspektif orang lain
o
Perilaku mengurangi ancaman
o
Refleksi
2.3 Strategi Komunikasi
2.3.1
Beyond
Spray And Pray
ü Spray and pray: pegawai diberi informasi
seluas-luasnya dengan asumsi banyak informasi semakin bagus.
ü Tell and sell: informasi yang diberikan terbatas
pada isu-isu penting.
ü Underscore and explore: isu dasar
tetap fokus, tetapi manajemen melibatkan pegawai dalam dialog tentang perubahan
ü Identify and reply: strategi
defensif, manajemen mengidentifikasi dan merespon rumor yang berkembang
ü Withhold and uphold: informasi
ditahan sampai benar-benar diperlukan
2.4 Strategi untuk Mengkomunikasikan Perubahan
1.
Jelaskan bagaimana cara merubah organisasi dari yang lama ke yang baru,
Apa itu? Bagaimana ini bisa mempengaruhi saya?
2.
Mendiskusikan bagaimana perlunya perubahan, seperti suatu konteks yang
menjadi dasar perlunya suatu perubahan, kenapa status yang lama tidak bisa
dilanjutkan.
3.
Membangun Kasus Bisnis untuk perubahan , seperti menjelaskan bagaimana
masa depan yang ingin dicapai, menguraikan manfaat untuk organisasi,
menjelaskan perkerjaan pada masing-masing unit serta pada individu-individu
tertentu
4.
Menentukan rencana untuk Perubahan, seperti apa peran, harapan,
tanggungjawab, hubungan, skills dan ukuran kinerja yang baru? Bagaimana
organisasi bisa mendukung mereka untuk beradaptasi dan mencapai perubahan
tersebut.
2.5 Peran Komunikasi dalam Perubahan
Perubahan apapun
bentuknya hampir dapat dipastikan membuat individu datau anggota organisasi
merasa tidak nyaman. Hal ini karena perubahan membawa ketidakpastian masa depan
bagi anggota organisasi, karena esensi dari perubahan adalah bergerak dari
suatu kondisi yang nyaman ke kondisi yang tidak pasti. Ketika perubahan terjadi
maka muncul communication gap apabila
karyawan tidak dapat dengan mudah menerima perubahan tersebut. Gap ini
merupakan suatu hasil dari perbedaan sudut pandang, dimana perja tidak
sepenuhnya mengerti mengenai visi, misi, nilai dan objektif yang diinginkan
oleh pihak manajemen, sebaliknya pihak manajemen juga tidak mengerti apa yang
dipikirkan dan diinginkan pleh pekerja.
Dalam proses
transisi, ada suatu bagian yang disebut sebagai arena hitam, yaitu arena yang
membawa ketidak jelasan arah bagi anggota organisasi. Ketidakjelasan dalam
pandangan mereka (karyawan) dapat mengakibatkan munculnya beragam reaksi
sebagai upaya melindungi diri dari berbagai konsekuensi negative yang mungkin
diterima oleh mereka. Pada kondisi ini, komunikasi diyakini menjadi bagian
penting untuk memperlancar proses perubahan di dalam organisasi. Melalui
komunikasi, berbagai informasi yang berhubungan dengan perubahan disebarkan
pada seluruh anggota organisasi. Tujuan utamanya adalah untuk membuat area
hitam berubah menjadi area putih yang membawa kejelasan bagi seluruh anggota
organisasi.
Komunikasi oleh
beberapa ahli strategi diyakini sebagai kunci keberhasilan bagi program
perubahan. Menurut mereka, komunikasi yang efektif mengenai perubahan dapat
mengurangi spekulasi dan menghilangkan kecemasan, pendapat lain mengatakan
bahwa komunikasi yang disampaikan melalui pendekatan pendidikan perlu dilakukan
apabila terdapat kekurangan dalam analisis dan informasi atau kertidak akuratan
informasi.
2.6 Tiga Komponen Penting Komunikasi dalam Perubahan
Terdapat tiga komponen penting komunikasi
yaitu, komponen sikap (Attitudes) terhadap
respon (outcomes). Komponen sikap
yang terdiri dari afektif (affection),
kognitif (cognition) dan perilaku (behavior) akan mempengaruhi outcomes seseorang dalam menghadapi
suatu hal atau objek. Komponen afektif akan mempengaruhi emosi seseorang yang berkaitan
dengan perasaan suka dan tidak suka. Komponen kognitif berpengaruh pada
perceptual seseorang yang berkaitan dengan keyakinannya. Sedangkan komponen
perilaku akan berpengaruh pada tindakannya (action)
yang akan menentukan apakah seseorang akan melakukan suatu tindakan atau tidak
didasarkan pada perasaan dan keyakinannya.
Penjelakan tentang hubungan kompnen sikap
terhadap respon ditunjukkan pada gambar berikut.
Hubungan komponen
sikap dengan respon yang muncul dari seorang individu dapat melandasi adanya
komponen penting dalam komunikasi di masa perubahan. Tujuan dasar strategi
komunikasi dalam masa perubahan adalah untuk mengajak anggota organisasi
berpartisipasi dalam upaya perubahan. Supaya respon anggota organisasi yang
berupa tindakan muncul, maka apa yang terkandung dalam komunikasi setidaknya
harus dapat menyentuh ketiga komponen sikap seseorang. Jika respon yang
diharapkan muncul adalah tindakan positif untuk mendukung program perubahan,
maka aspek afektif, kognitif, dan perilaku harus distimuli secara positif.
2.7 Contoh Kasus
peran Komunikasi sebagai
Pendukung Perubahan
Contoh berikut diambil dari
kasus yang disampaikan
W. Chan Kim dan Renee
Mauborgne dalam buku
B/ue Ocean Strategy (2005). Kasus
berikut membahas pengalaman sebuah pabrik
sistem elevator yang disebut Elco pada
tahun 1980-an saat penjualan menurun.
Penurunan permintaan
domestik membuat Elco bertekad memberikan lompatan
nilai kepada pembeli
dengan menurunkan biaya demi
merangsang permintaan baru dan
menjauh dari kompetisi. Perusahaan menyadari
perlu adanya perubahan
dengan mengganti sistim pabrikan-tumpukan (batch-manufacturing system) melalui pendekatan seluler
yang memungkinkan tim mandiri
meraih kinerja prima. Tim manajemen di perusahaan mengadopsi
cara yang terlihat paling cepat dan
cerdas untuk melangkah
maju.
Tim pertama akan
memasang sistim baru pada
pabrik Elco, Chester, dan
kemudian lanjut ke pabrik
keduanya, High Park. Dengan logika yang
sederhana, maka rencana strategis ini
dijalankan. Pabrik Chester
memiliki relasi pegawai yang sangat baik, sedemikian baiknya sehingga para pekerja
harus membubarkan serikat
buruh. Manajemen yakin bisa mendapatkan
kerja sama dari
pegawai untuk mengeksekusi perubahan strategis
dalam pabrikan. Kemudian,
Elco akan melanjutkan proses
tersebut kepada pabriknya
di High Park, di pabrik
ini memiliki serikat yang kuat
yang diperkirakan akan
menentang perubahan itu. Dalam
kondisi yang seperti
ini manajemen berharap
bisa mendapatkan persetujuan
dari Chester yang
bisa berfungsi sebagai
momentum bagi eksekusi yang
lebih berhasil di High
Park.
Namun yang di pabrik
Chester rencana tersebut dengan
cepat menghasilkan kekacauan dan pembangkangan. Dalam
beberapa bulan, baik biaya maupun
kinerja kualitas menurun
drastis. Pegawai mulai membicarakan kemungkinan
menghidupkan kembali serikat
pekerja. Kejadian sebaliknya justru
terjadi pada pabrik
High Park, hal ini
terlepas dari reputasinya yang
suka menentang, menerima
perubahan dalam proses pabrikan.
Terdapat tiga masalah penting yang tidak dilakukan pabrik Chester selama perubahan terjadi.
Pertama Elco mendatangkan konsultan-konsultan untuk
merancang perubahan dan mencapai implementasi yang
cepat dan mulus.
Mereka berbisik-bisik sesama mereka dan
tidak melakukan kontak
apapun dengan pegawai
Chester. Sebaliknya mereka
menyelinap ke luar pabrik untuk membuat catatan-catatan.
Pada periode itu
manajer pabrik semakin jarang
datang karena menghadiri
rapat-rapat dengan konsultan
yang sengaja dilakukan
diluar pabrik. Pegawai dalam
kegelisahan merasa akan kehilangan pekerjaannya. Pekerja
beranggapan manajer pabrik berusaha menghindari bawahannya
yang diartikan mereka bahwa manajemen berusaha menyingkirkannya. Kepercayaan
dan komitmen di pabrik Chester
memudar dengan cepat.
Sebenarnya manajer Elco
tidak berniat melakukan pemecatan Mereka menginginkan
mengurangi pemborosan, sehingga orang
bisa memproduksi Elevator berkualitas tinggi dengan cepat
dan lebih murah demi memenangkan kompetisi.
Tetapi pegawai pabrik
tidak mengetahui hal tersebut.
Para manajer lupa
(mengabaikan) menjelaskan apa
yang diharapkan dari pegawai sehingga yang muncul adalah
kesalahpahaman yang sangat serius.
Sebaliknya manajer di pabrik High Park
mengkomunikasikan rencana perubahan
ketika konsultan datang
ke pabrik manajer Memperkenalkan merekaka
pada semua pegawai. Manajer juga melibatkan
beberapa pegawai dalam
rapat dan secara
terbuka membahas kondisi bisnis
yang menurun dan perlunya
berusaha mengadakan
perubahan untuk menjauh dari kompetisi. Meraka mengkomunikasikan bahwa
sistem pabrikan yang baru
merupakan factor penting dan menyampaikan bahwa
perusahaan tidak berniat
untuk melakukan pemecatan. Ketika
ukuran kinerja lama berubah,
manajer bekerjasama dengan pegawai menentukan ukuran
baru dan tanggunglawab baru bagi setiap sel tim. Tujuan
dan harapan dari pegawai dibuat dengan sangat ielas. Pegawai
kemudian bersimpati kepada manajer mereka dan menyampaikan
perubahan adalah pengalaman
yang perlu, pantas dan Positif.
Kesimpulan
Dari kasus
yang dipaparkan diatas
terlihat bahwa komunikasi menjadi
bagian yang penting yang harus dilakukan oleh perusahaan ketika
melakukan perubahan. Komunikasi
yang baik akan meminimalkan konflik
yang terjadi akibat adanya
perubahan. Dalam kondisi ketidakpastian komunikasi
membantu pihak manajemen mensosialisasikan perubahan dan memberi kesempatan kepada karyawan untuk
belajar dan mengetahui
tujuan dari perubahan tersebut, sehingga mereka tidak
serta merta menolak ketika perubahan diusulkan sebagai kepentingan
organisasi.
Komunikasi
yang paling sering dianggap
penting oleh banyak orang dalam
rangka pencapaian tujuan
organisasi adalah komunikasi
dengan bentuk penyebaran
informasi. Artinya, tujuan komunikasi
adalah penyebaran informasi mengenai
perubahan sehingga perubahan
dapat diterima oleh anggota
organisasi. Tidak sekedar
diterima, tetapi mereka juga
dapat memahami alasan yang melatarbelakangi dilakukannya program
perubahan.
Komunikasi perlu
dilakukan untuk membangun atmosfer
positif dalam berbagai area
utama dalam perubahan.
Lebih dari itu,
komunikasi akan menjadi efektif apabila anggota
organisasi mau berperilaku positif dalam masa perubahan. Perilaku
positif ini dapat didorong
oleh adanya komponen
komunikasi perilaku. Komponen
ini ada dalam diri agen perubahan. Artinya, perilaku mereka akan
menjadi contoh keteladanan bagi anggota
organisasi.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Perubahan apapun
bentuknya hampir dapat dipastikan membuat individu datau anggota organisasi
merasa tidak nyaman. Hal ini karena perubahan membawa ketidakpastian masa depan
bagi anggota organisasi, karena esensi dari perubahan adalah bergerak dari
suatu kondisi yang nyaman ke kondisi yang tidak pasti. Melalui komunikasi,
berbagai informasi yang berhubungan dengan perubahan disebarkan pada seluruh
anggota organisasi. Komunikasi
perlu dilakukan untuk membangun atmosfer
positif dalam berbagai area
utama dalam perubahan.
Lebih dari itu,
komunikasi akan menjadi efektif apabila anggota
organisasi mau berperilaku positif dalam masa perubahan.
3.2 Saran
Berdasarkan isi makalah di atas maka saran penulis
adalah:
1.
Kepada mahasiswa diharapkan makalah ini bisa dijadikan salah satu
referensi dalam mata kuliah manajemen perubahan
2.
Kepada pembaca diharapkan makalah ini dapat menambah wawasan pembaca
bagaimana menanggapi suatu perubahan dalam suatu organisasi
DAFTAR PUSTAKA
Prabawati,
Benedicta, 2006, Peran Komunikasi sebagai
Pendukung Perubahan Organisasi. Volume 12 nomor 1. Magister Manajemen
Universitas Parahyangan.
http://satyodjiwosugiarto.blogspot.co.id/2015/04/strategi-komunikasi-dalam-perubahan.html
(diakses tanggal 12 September 2016)
http://e-journal.uajy.ac.id/3241/2/1KOM02733.pdf
(diakses tanggal 12 September 2016)
https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_informasi
(diakses tanggal 12 September 2016)
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
(diakses tanggal 12 September 2016)
http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-komunikasi-tujuan-fungsi-manfaatnya.html
(diakses tanggal 12 September 2016)
http://mgt-sdm.blogspot.co.id/2010/11/manajemen-perubahan-change-management.html
(diakses tanggal 12 September 2016)
http://galih-febrianto1.blogspot.co.id/2015/01/komunikasi-perubahan-dan-perkembangan.html
(diakses tanggal 12 September 2016)
http://slideplayer.info/slide/3670595/
(diakses tanggal 12 September 2016)
Kepada seluruh member setia BOLAVITA, jika Anda mengalami kendala saat mengakses situs BOLAVITA, silahkan akses melalui link alternatif kami dengan Link IP : http://159.89.197.59/
ReplyDeleteAgen BOLAVITA menyediakan permainan yang sangat lengkap, berikut permainan yang disediakan:
• Bola Tangkas (Tangkasnet, Tangkas88 dan Tangkas1)
• Casino Online (WM Casino, Green Dragon dan SBOBET Casino)
• Sabung Ayam (S128, SV388 dan Kungfu Chicken)
• Taruhan Bola (SBOBET, MAXBET/ICB Bet dan 368 Bet)
• Togel Online (KLIK4D dan ISIN4D)
• Poker Online (POKERVITA)
• Games Virtual / Slot Games (Joker dan Play1628)
Bonus yang diberikan Agen BOLAVITA juga sangat banyak dan menguntungkan, baik member baru maupun member setia:
📍 Bonus Welcome Back Rp 200.000
📍 Bonus 10% untuk new member (SPORTSBOOK & SABUNG AYAM)
📍 Bonus 5% Deposit Harian (SPORTSBOOK & SABUNG AYAM)
📍 Bonus Deposit Harian 10% untuk permainan BOLA TANGKAS
📍 Bonus Referral 7% + 2%
📍 Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
📍 Diskon Togel KLIK4D & ISIN4D up to 66%
📍 Bonus Cashback 5% - 10%
📍 Bonus Cashback Bola Tangkas 10%
📍 Bonus Flash Deposit Setiap Jumat 10%
📍 Bonus Extra BIG MATCH 20%
📍 Bonus FREECHIPS Promo Lebaran Ketupat
Daftar, main dan raih kemenangan Anda bersama kami di http://159.89.197.59/
Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
BBM : BOLAVITA / D8C363CA
Whatsapp : +62812-2222-995
LINE : cs_bolavita
TELEGRAM : +62812-2222-995
Livechat 24 Jam
KABAR BAIK!!!
ReplyDeleteNama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.
KLIK DISINI >>> http://bit.ly/2UgZNuA
ReplyDeleteMembagikan pengalaman atau pengetahuan saya mengenai jenis Ayam Bangkok, Ayam Saigon Dan Ayam Lainnya.
Untuk mempertanyakan persoalan ayam lain nya, bisa bertanya dikontak kami.
Kami tunggu kedatangan anda di kontak WA : +62812-2222-995
ReplyDeleteMarhaban ya Ramadhan Gratis freechip untuk 100 member Winning303
Ayo gabung segera
Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
- WA : +6287785425244
Agen Joker123
ReplyDeletePlay1628 Apk
Vivoslot
Fafaslot Apk
Mainkan Taruhan Slot secara online.
Dengan Slot Online Depo Pulsa yang akan menemani anda dirumah saja.
Tanpa harus keluar rumah untuk beli sesuatu lagi.
Yuk kunjungi kontak Whatsapp & Telegram : 0812-2222-995
https://taruhanslot.me/tag/agen-slot-joker123/
Suka bermain Poker mau deposit via PULSA,atau Via E-MONEY???
ReplyDeleteMari bergabung bersama kami di Donaco Poker
Hub kami.
WHATSAPP : +6281333555662
CS 24 JAM
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
ReplyDeleteBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
ReplyDeleteBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
mau penghasilan tambahan?
ReplyDeleteanda punya Ovo,pulsa yang tidak terpakai?
Yukz join bersama kami di winning303
Dapatkan penghasilan tambahan tanpa batas dengan menggunakan vo & pulsa anda.
Hubungi Segera:
WA: 0877 8542 5244
Cs 24 Jam Online
Suka bermain Poker mau deposit via PULSA TANPA POTONGAN?
ReplyDeleteMari bergabung bersama kami di Donaco Poker
Hub kami.
WHATSAPP : +6281333555662
CS 24 JAM